Friday, November 26, 2010

Tips merawat Kebaya

--Tips Perawatan Kebaya--
 
Kebaya tidak harus dicuci setelah di gunakan/dipakai.  jika kebaya tidak kotor dan berbau, kebaya cukup diangin-anginkan saja. pada umum nya pencucian kebaya dapat di lakukan setelah +/- 3 s/d 5 kali pemakaian, kebaya dapat di cuci dengan cara dry clean, khususnya untuk jenis kebaya dengan bahan yang rentan seperti lace, silk, chiffon, tulle. Jangan pernah menggunakan mesin cuci untuk mencuci kebaya, tapi cucilah secara manual, dan gunakan deterjen yang tidak mengandung pemutih. pelembut pakaian pada umum nya mengunakan wax dapat merusak serat bahan kebaya, oleh karena itu sebisa mungkin hindari menggunakan pelembut pakaian. dalam proses pencucian jangan pernah memeras kebaya dengan sekuat tenaga (ingat dalam mencuci pakaian juga membutuhkan perlakuan yang lembut).jangan menjemur kebaya yang terbuat dari bahan lace atau tulle, terutama yang sarat dengan aplikasi payet dengan cara menggantung karena akan merubah konstruksi dan garis kebaya. Cukup rebahkan pada bidang datar. Hindari menyetrika kebaya berbahan tulle karena akan merubah tekstur bahan menjadi lemas, untuk menghilangkan kusut pada kebaya yang berbahan tulle cukup dengan menggantung kebaya tersebut. Lipat dan simpan kebaya berbahan lace atau tulle dalam sebuah kotak khusus. Untuk kebaya yang terbuat dari bahan-bahan mudah ‘patah’, seperti shantung, satin, atau organza, bisa disimpan dengan cara menggantung. Pastikan hanger untuk kebaya dilengkapi padding untuk menjaga agar kebaya, terutama di bagian lengannya tidak koyak.
hal hal yang harus diperhatikan ketika kita membersihkan kebaya adalah:
- Bahan dan Aplikasi kebaya. ==>> Untuk menghindari rusaknya aplikasi payet yang terdapat pada kebaya, jangan pernah mencuci kebaya dengan mesin cuci, atau menguceknya. Selain beresiko akan merusak aplikasi payet, tindakan tersebut akan merusak serat kain yang halus. Untuk itu tak ada salahnya Anda mencucikan kebaya mewah Anda di laundry yang terpercaya.
- Cara Mencuci ==>> Bila Anda ingin mencuci kebaya Anda sendiri, Anda harus memberi perlakuan khusus. Rendamlah kebaya  dalam air bersih yang telah dicampur satu sendok makan bubuk detergen. Jangan merendem kebaya lebih dari 10 menit, kemudian bilas kebaya sampai bersih. dalam proses pengeringan hindari menjemur kebaya di bawah sinar matahari langsung, cukup di angin anginan sampai kering (anda mungkin dapat menggunakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan kebaya).
- Untuk Menghilangkan Noda pada kebaya ==>> jika kebaya anda terkena noda anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan noda tersebut, yakni dengan cara gunakan saja air jeruk nipis tepat di atas noda, diamkan beberapa saat sampai cukup meresap, lalu rendam lah kebaya tersbut.
- Ngengat ==>> pada umum nya ngenagat adalah problem yang sering di hadapai oleh pakaian. untuk menghindari serangan ngengat terhadap kebaya anda, anda bisa sesekalai mengeluarkan koleksi kebaya yang telah lama Anda simpan dalam lemari untuk di angin-anginkan. anda dapat menggunakan kapur barus untuk mengusir ngengat dari lemari anda.

mungkin hanya ini tips dari kami mengenai tata cara memperlakukan pakaian kebaya.

salam,

No comments: