Sunday, November 7, 2010

part III (proses dry cleaning)

Berikut adalah cara kerja dari mesin dry cleaning:

1).takaran Solvent harus sesuai dengan takaran tangki yang telah ditentukan muatannya berdasarkan dari pabrik mesin dry cleaning.
2). Pompa yang dijalankan agar solvent terus menerus mengalir dari tangki ke filter (penyaring) dan dari filter akan mengalir ke mesin cuci.

3).Setelah solvent jernih (dapat dilihat pada pipa yang terbuat dari bahan kaca), masukkan cucian dan tekan tombol pencucian. Waktu pencucian dapat di atur selama 3, 8, atau 15 menit.
4).Jika proses pencucian telah selesai, mesin akan memberikan tanda berupa alarm atau lampu.
5).proses selanjutnya adalah pengeringan pakaian yang akan berlangsung sekitar 2 atau 6 menit.
6).Bau solvent akan dihilangkan menggunakan deodorizer/parfum.

semua proses di atas akan berlangsung di dalam mesin drycleaning.

Namun Cucian yg terbuat dari bahan yang sangat halus dan terdapat banyak hiasan, tidak di perbolehkan menggunakan mesin ini, dan prosesnya akan di kerjakan secaa manual. dampaknya kita akan kehilangan solvent karena penguapan, akan terjadi iritasi pada tangan jika kita tidak menggunakan sarung tangan dan bau solvent akan menjalar kemana-mana. 

Mesin setrika pada dry cleaning pada prinsipnya sama dengan mesin setrika laundry, tetapi perbedaan yg mendasar terletak pada form finisher yang dipergunakan untuk melicinkan dan menghilangkan kekusutan pakaian.

adapun Cara penggunaannya adalah; pakaian dimasukkan ke dalam kerangka besi dan tekan tombol proses, seiring dengan bekerjanya mesin maka uap akan keluar melalui lubang-lubang kecil yang akan melicinkan dan menghilangkan kekusutan secara otomatis.

jika di telisik dari tahapan dan proses yg berjalan, sudah barang tentu biaya laundry dengan menggunakan alat ini akan menjadi mahal.

namun di luar aspek biaya, mesin ini sangat sempurna untuk di gunakan sebagai mesin laundry.

Dalam penerapan proses / tahapan dry cleaning, semua kembali kepada sang pengelola laundry dalam memilih nya.karena dalam proses proses dry cleaning, sudah barang tentunya akan ada nilai positif dan negatif dari masing-masing proses dry cleaning,


salah satu mesin dry cleaning 


No comments: