Monday, November 1, 2010

Mesin mesin yg di gunakan pada Laundry


a).Mesin Cuci Automatic ataupun Mesin Cuci Top Loading, baik berkapasitas besar maupun kecil.
Pada umum nya mesin cuci yg di gunakan Laundry profesional adalah dari jenis Top loading (Tutup atas).
Keuntungan dari mesin ini terletak dari harga mesin itu sendiri dan Biaya Listrik yg di pergunakan, hanya saja kelemahan nya terletak dari space/ruang yg di butuhkan untuk menempatkan mesin ini, serta pengguna mesin ini di tuntut untuk lebih teliti dalam proses pencucian pakaian, karena daya putar nya yg kurang menjadikan pakaian sering kali kurang bersih ketika menggunakan mesin ini.


b). Tumbler Dryer
Mesin Pengering pakaian, mesin ini di gunakan untuk mengeringkan pakaian yg telah di cuci menggunankan mesin pencuci,  di samping penghematan waktu pengeringan pakaian, mesin ini juga dapat meminimalisasi kuman,debu dan bau yang tidak sedap  yang sering menempel pada pakaian ketika proses penjemuran dengan menggunakan sinar matahari.

c). Industrial Ironer (Setrikaan: Boiler maupun biasa).
Pada industri laundry kita dapat menggunakata n jenis setrikaan listrik maupun setrikaan uap.
ada beberapa keunggulan dan kekurang setrikaan tersebut yakni:

- setrika listrik.
kelebihan; harga yg relatif murah, tidak memerlukan instalasi yang rumit, ringan dan mudah menggunakan nya, serta memiliki setelan panas untuk bahan tertentu.
kekurangan ; hasil setrikaan tidak serapih setrikaan uap, daya listrik yg dihunakan relatif cukup besar, dapat merusak sablon yg terbuat dari karet.

- setrika uap.
kelebihan; Hasil setrikaan lebih rapih dan licin, proses penyetrikaan lebih cepat, dapat menggunakan gas (untuk setrika boiler gas), dapat menghambat kelunturan pakaian dan sablon pada kaos tidak rusak ketika  melalaui proses penyetrikaan, dan umur setrikaan nya lebih tahan lama.
kekurangan; Harga lebih mahal, memerlukan instalasi boiler (tergantung jenis boiler yg di gunakan apakah gas atau listri), penggunaan nya relatif lebih rumit dan tidak memiliki setelan panas.

d). Spotting Gun dan Meja Khusus Spotting (Spotting Table)

Mesin spotting ini digunakan untuk proses spotting atau menghilangkan noda-noda berat. Biasanya mesin ini digunakan dalam pre-washed laundry agar penghilangan noda berat lebih efektif ketimbang menggunakan sikat/brush. Penggunaan mesin ini dapat menghemat proses spotting.

e).Mesin Dry Clean beserta peralatan dan perlengkapannya

Mesin drycleaning harganya relatif mahal, namun kita dapat menggunakan tehnik lain dalam proses dry cleaning.



f). Mesin Steamer/garment hand steamer.
Mesin vertical steamer biasanya digunakan untuk merapikan pakaian yang berbahan khusus tetapi bisa juga untuk dry cleaning. Mesin steamer ini hampir sama kerjanya dengan mesin setrika uap, bedanya penggunaanya secara vertical (keatas dan kebawah)

Terkadang pelanggan  memasukan pakaian yang berbahan mudah rusak jika  di setrika menggunakan setrika biasa ataupun setrika uap seperti silk (sutera) atau bahan yang mudah mengkerut seperti baju olah raga atau celana training. Penggunaan vertical steamer dapat membantu anda untuk merapikan pakaian berbahan khusus tersebut.

No comments: