Friday, November 19, 2010

Tips Mencuci Boneka

Jika kondisi boneka hanya berdebu, cukup diseka/dilap dengan kain yang telah dibasahi air hangat atau dapat juga menggunakan selotif, yakni dengan cara menempelkan selotif pada bagian yang berdebu lalu lepas kembali selotifnya, ulangi sampai anda yakin bahwa semua bagian sudah anda bersihkan menggunakan selotip.

Tidak semua boneka bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Jadi sebaiknya lihat label yang terdapat pada boneka dan ikuti instruksinya. Jika ternya boneka tersebut dapat dicuci menggunakan mesin cuci, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut;
Pastikan boneka tidak sobek, jika terdapat bagian yang sobek, sebaiknya dijahit terlebih dahulu, untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.Jika terdapat noda pada boneka tersebut, taburkan diterjen pada bagian noda tersebut dan biarkan selama beberapa saat.
Jika boneka dicuci bersamaan dengan cucian lain (pakaian) sebaiknya boneka di masukkan ke dalam sarung bantal dan dengan kecepatan paling lambat (namun sebaiknya Boneka di cuci terpisah, dan selalu gunakan kantung boneka/sarung bantal untuk menghindari kerontokan pada bulu boneka).
Jangan mengeringkan boneka menggunakan mesin pengering jika bahan pengisi boneka adalah bahan yang dapat menyusut.
Jika Bahan Pengisi bukan berasal dari bahan yang mudah menyusut, sebaiknya gunakan mesin pengering dengan mode low heat/tidak terlalu panas.

adapun cara mencuci boneka dengan cara manual; larutkan deterjen dalam air lalu masukkan boneka yang telah dibasahi sebelumnya, biarkan beberapa menit, kucek, lalu bersihkan.

Menjemur boneka sebaiknya tidak langsung dibawah sinar matahari karena dapat memudarkan warna, peras boneka dan jemur di tempat teduh.

setelah kering, sisir boneka menggunakan sisir rambut secara lembut dan hati-hati atau dapat juga dengan menggunakan tangan.

Untuk membersihkan boneka yang sudah tua dan berbulu lembut, kita dapat menggunakan baking soda, dengan cara; masukkan boneka dalam tas kertas dan beri baking soda. Guncang-guncangkan sampai baking sodanya menempel rata di boneka. Biarkan sekitar setengah jam dan kemudian bersihkan menggunakan handuk.

cara lain dalam mencuci boneka adalah dengan menggunakan tehnik dry cleaning, namun terkadang tehnik drycleaning tidak dapat membersihkan bagian dalam boneka yang tebal.

No comments: