Sunday, November 7, 2010

Perbedaan Laundry

Perbedaan mendasar antara Penyedia jasa Laundry Profesional dan laundy kiloan terletak pada tarif dan tahap-tahap penanganan cucian relatif sama, serta penggunaan bahan penghilang noda.


a). Laundry Profesional/satuan.
Laundry satuan merupakan jasa pencucian pakaian yang tarif jasanya dihitung per satuan/helai pakaian. Laundry satuan menuntut hasil cucian lebih sempurna dari aspek kebersihan noda, perawatan keawetan serat kain ( long lasting ), dan kenyamanan pakaian setelah pencucian. Laundry Satuan juga identik dengan Dry Cleaning, dimana treatment pakaian dilakukan satu per satu.
Laundry ini juga biasa disebut laundry komersil atau laundry professional. Ditinjau dari proses proses penanganan pencuciannya yang mencuci pakaian satu demi satu, maka sudah barang tentu harga dari penggunaan jasa ini jauh lebih mahal di banding jasa laundry kiloan.
Semakin lengkap Mesin dan peralatan yg di gunakan oleh laundry profesional ini, maka kepuasan konsumen akan semakin tinggi.

--drycleaning--
dry cleaning adalah suatu proses pencucian yang tidak menggunakan bahan dasar air dalam proses pencucian nya, namun di gantikan dengan  bahan cairan solvent (yang bahan dasarnya dari minyak mentah).
tehnik ini bukan saja dilakukan karena keterbatasan air, melainkan karena jenis pakaian yg akan di cuci mengharuskan kita menggunakan tehnik ini, bahan bahan pakaian yg harus melalui proses ini antara lain; sutera, woll, rayon atau bahan khusus lain nya.
tehnik dry cleaning sebenarnya masuk dalam kategory khusus, namun dalam perkembangan nya tehnik ini sering kita jumpai pada laundry profesional, namun tidak jarang pusat cuci kiloan juga mengikut sertakan jasa ini dalam bisnisnya, dan yg perlu di ingat tarif jasa dry cleaning sudah barang tentu berbeda dengan tarif laundry kiloan, mengingat prosesnya yang cukup panjang dalam tahapan-tahapan prosesnya.  

b). Laundry Kiloan
Seperti namanya, perhitungan nilai jasa pencucian ini  dihitung dalam kilogram, Untuk  satu kilogram pakaian, kita ambil contoh kemeja , kisaran  jumlahnya antara  8 s/d 12 Potong.
Mesin - mesin yg di gunakan juga relatif berukuran besar, detergen dan bahan kimia yang di gunakan  pada umum nya bersifat universal, namaun belakangan ini banyak usaha laundry kiloan yg terancam tutup, hal ini di sebabkan ketidak profesionalan di bidang pengelolaan usaha laundry nya. Tentunya hal ini di sebabkan oleh ketidak puasan konsumen yg menggunakan jasa mereka. 

No comments: