Tuesday, November 2, 2010

Proses pemilihan Detergen


Carilah detergent yang mempunyai kadar busa/buih sedang, tapi anda juga harus memperhatiakan daya cuci extranya misalnya  Detergent Manual Cream.
Detergent berbusa sedang akan meringankan kerja dan menghemat waktu pada saat pembilasan dan busa/buih yg terlalu banyak akan menghambat proses pembersihan, untuk mengetahui perbandingan antara detergen yg berdaya cuci tinggi dan rendah yakni dengan cara merendam cucian dalam larutan detergent selama 2 jam, kemudian amati air hasil rendaman tersebut, jika detergent tersebut memilki daya cuci extra larutan detergent akan berubah dari bening menjadi mengandung kotoran, begitu pula sebalik nya jika warna dari hasil air rendaman pakaian teresebut tidak berubah, maka dapat di pastikan detergen tersebut berdaya cuci rendah.
pilih detergent yang sedikit mengandung filler/pengisi, detergen biasanya mengandung bahan yang dapat membuat pakaian menjadi bau. Solusi lain  agar pakaian tidak meninggalkan bau yakni dengan cara menggunakan sour/neutralizer pada proses pembilasan atau melakukan “extra pembilasan”
untuk mengetahui kadar filler suatu detergent adalah dengan cara mengambil 1 sendok makan detergent, kemudian dilarutkan kedalam 200 ml air aduk kurang lebih 1 menit kemudian amati detergent tersebut, detergen yang berfiller rendah hasil nya akan bening, itu berarti tidak ada endapan sedangkan detergent dengan filler tinggi akan meninggalkan endapan. Endapan ini lah yang biasanya menempel pada mesin cuci anda yang yang sering menyebabkan kerusakan pada mesin cuci.

No comments: